Website ini masih dalam pengembangan

Penyebab Kamera DSLR Mati Total dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kamera DSLR Mati Total dan Cara Mengatasinya - banyak faktor yang bisa menyebabkan kamera manjadi mati total, entah itu karena kerusakan ringan ataupun karena kerusakan yang cukup parah, kerusakannya pun bermacam macam mulai dari rusak di bagian batteray , memorycard , sampai kerusakan di bagaian komponen penting di dalam kamera. mungkin banyak diantara kalian yang mengalami hal yang sama dengan saya kamera dslr yang tiba tiba saja mati mendadak.
Penyebab Kamera DSLR Mati Total

Penyebab Kamera DSLR Mati Total

Waktu dulu ketika saya masih menggunakan canon eos 500D, saya mengalami hal serupa yaitu kamera tiba tiba mati toal padahal kondisi kamera saya masih bagus, namun ketika ingin saya gunakan kamera saya tiba tiba mati tanpa sebab.

Setelah saya mengetahui kalo kamera saya itu mati, lalu saya bingung bagaimana cara untuk memperbaiki kamera saya ini, kebetulan besok pagi saya akan menggunakan nya untuk ke acara pesta ulang tahun, sejanak saya mencari solusi dan berfikir bagaimana memperbaikinya, akhirnya setelah sedikit saya otak atik kamera saya bisa nya kembali.

Oke sudah lah ceritanya hehe, sekarang langsung saja kita ke topik pembahasan yaitu penyebab kamera dslr mati total dan langkah apa saja yang kita harus lakukan untuk mengidentifikasi permasalahn yang membuat kamera tiba tiba mati mendadak.

Cara Mengatasi Kamera DSLR Canon Mati Total

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menidentifikasi permasalahan kamera denan cara mengingat-ingat sebelumnya kamu menggunakan kamera untuk apa dan apakah kamu pernah mengalami kamera kamu jatuh atau tidak ada masalah apa-apa sebelumnya, fungsi kita dengan cara mengidentifikasi seperti ini ialah agar kita tidak salah mengambil tindakan yang bisa menyebabkan kamera dslr menjadi makin rusak atau malah mati total.

Memperbaiki kerusakan Komponen Kamera

Pada saat kita ingin memasang battery di kamera tiba-tiba body kamera tersebut mengalami panas, hal ini berarti adanya arus dari kamera yang konslet, jika kamera kamu mengalami hal seperti itu, cepat-cepat kamu langsung melepas battery kamera karena dapat mengakibatkan ic atau komponen kamera lainnya menjadi terbakar yang membuat kerusakan kamera menjadi lebih parah rusaknya.

Solusi memperbaikinya adalah dengan cara membuka body kamera lalu kemudian cek di bagian komponen komponen penting dengan menggunakan avometer dan meraba-raba kabel atau jalur kamera yang mengalami konslet. kemudian kamu perbaiki yang konslet tadi dengan perlahan atau hati-hati agar terhindar dari kerusakan yang lainnya.


Catatan untuk teman-teman fotografi diusahakan jika kamu memang tidak punya skil di bidang elektro dan tidak berani untuk mengambil resiko, alangkah baiknya kamu bawa kamera kamu ke service center kamera tersebut, agar kamera benar-benar aman dan tidak tambah parah rusaknya.

Memperbaiki Kamera Dengan Kerusakan Ringan 

Jika kamera kamu mengalami suhu yang panas pada saat melakukan pemasangan battery, kemungkinan kamera tidak rusak di komponen ataupun arus pendek, ini masih mengidentifikasi kerusakan yang belum pasti, namun walaupun seperti itu masih ada harapan kamera kamu terselamatkan atau masih belum parah kerusakannya seperti yang saya alami, untuk memperbaikinya berikut langkah-langkahnya :

1. Cara Pertama yaitu cek battery kamera kamu apakah battery kamera kamu masih normal atau tidak, walaupun battery dalam kondisi penuh, tetap saja perlu di perhatikan kondisi batterynya, coba di charger terlebih dahulu sampai battery benar-benar terisi penuh.

ketika kamu ingin menyalakan kamera, di pastikan lagi keadaan konektor kamera tetap bersih agar arus dari battery ke kamera tidak mengalami hambatan dan ada kemungkinan penyebab kamera mati karena itu. Untuk mengecek apakah battery masih berfungsi dengan baik, kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan kamera lain atau avometer.

2. Cara selanjutnya cek di bagian memorycard kamu, apakah memory card kamu benar-benar normal atau tidak karena jika memorycard mengalami trouble kamera tidak akan merespon sama sekali bahkan untuk menyala skali pun. langkah awal yang harus kamu lakukan adalah coba nyalakan kamera tanpa memorycard atau mengganti memorycard dengan yang lainnya atau memformatnya,

jangan lupa jika ingin memformat pastikan kamu sudah backup terlebih dahulu data yang ada di memorycard tersebut agar tidak terjadi kehilangan data. Jika kamu beruntung kemungkinan kamera akan menyala kembali, dan setelah menyala kamu reset kamera kamu ke pengaturan pabrik/awal.

Penyebab kamera dslr mati total yaitu dikarenakan kecerobohan kita dalam menggunakan dan merawatnya , ketika kita tidak menggunakan kamera dalam jangka waktu lama atau sudah bosan dengan kamera kita tidak melepas battery dari kamera, hal ini bisa menyebabkan kerusakan hardware yang cukup fatal bahkan bisa membuat kamera menjadi mati total.


Jika cara diatas masih belum bisa menjadi solusinya berarti kerusakan yang dialami sudah cukup parah dan memang harus dibawa ke service center kamera tersebut agar dilakukan penangan khusus. Sekian dulu tips dari saya tentang Penyebab Kamera DSLR Mati Total semoga bisa membantu teman-teman dalam mengatasi permasalahan kamera yang mati total.

Artikel ini dilansir dari kamerakamera.net

Penyebab Kamera DSLR Mati Total dan Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown